Mengenal Jenis Jenis Ayam Aduan Asli Dari Indonesia

Mengenal Jenis Jenis Ayam Aduan Asli Dari Indonesia, Tentunya kita semua sudah sangat tahu bahwa seluruh para pecinta ayam laga atau penggemar sabung ayam di indonesia lebih memilih ayam bangkok atau ayam aduan lainnya dibandingkan dengan memilih ayam aduan lokal sendiri,.

Mengapa banyak para pecinta ayam petarung lebih menyukai ayam yang bukan berasal dari indonesia seperti contohnya ayam bangkok, ayam birma, ayam filipina dan masih banyak lagi ayam aduan yang lainnya. karena ayam aduan tersebut lebih memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ayam aduan lokal indonesia,.

Namun tidak ada salahnya kamu juga harus mengenali jenis jenis ayam aduan lokal yang berasal dari indonesia, selain untuk menambah wawasan kamu bisa juga untuk tetap membudidayakan ayam aduan yang kita miliki. dikemsempatan kali ini kami akan mengulas tentang jenis jenis Ayam Aduan Indonesia asli,,

Mengenal Jenis Jenis Ayam Aduan Asli Dari Indonesia

Jenis Ayam Aduan Asli Indonesia :

  • Ayam Ciparage :

Disebut Ayam Ciparage karena ayam laga ini berasal dari ciparage, desa Cimalaya, Karawang, Jawa Barat. dapat dikatakan ayam aduan yang satu ini adalah ayam aduan lokal terbaik asli yang dimiliki Indonesia. jika diperhatikan sekilas ayam ciparage ini mirip dengan ayam bangkok, hanya saja postur tubuh yang lebih kecil.

Ayam Ciparage memiliki warna hitam (jalak) atau penjara emas (coklat emas). ayam ini memiliki gaya bertarung khusus yakni dengan menyerang dengan taji pada bagian leher lawanya kemampuan yang tidak ayam lain miliki ayam aduan lokal lainnya,.

  • Ayam Bali :

Ayam Aduan lokal yang satu ini memiliki kemampuan bertanding yang sangat baik. selain itu ayam bali memiliki postur tubuh yang besar dan kokoh. biasanya pada bagian lehernya terdapat beberapa bagian yang tidak ditumbuhi bulu. memiliki beberapa variasi warna pada bulu dengan warna dasar hitam.

  • Ayam Banten :

Ayam Banten memiliki bentuk tubuh yang besar dan kuat. postur tubuhnya tegap dan leher yang panjang, yang membuatnya kelihatan tinggi seperti ayam bangkok. ekor berukuran sedang dan kakinya tergolong panjang serta memiliki tulang yang kuat. ayam banten ini dibudidayakan atau dikembangbiakan oleh masyarakat lokal.

  • Ayam Tolaki :

Ayam Tolaki berasal dari daerah sulawesi tenggara, ayam ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dan berotot. sayapnya tumbuh dengan tebal dan sangat rapat, bentuk kepala yang bulat, ukuran dan bentuk paruh pendek kuat dan pada bagian ujungnya melengkung. biasanya pada bagian bawah paruhnya ditumbuhi bulu halus seperti jenggot.

Ayam Tolaki juga memiliki kaki yang panjang lengkap dengan jari jari yang runcing. gerakanya sangat lincah dan cepat yang membuat lawan kesulitan untuk mendaratkan teknik kunci pada ayam aduan yang satu ini.

  • Ayam Ayunai :

Ayam Ayunai adalah unggas lokal berukuran sedang dari Merauke, Papua. keunikan ayam ini terletak pada absennya bulu dari kepala hingga bagian atas tembolok sehingga leher tampak polos alias gundul. umur siap kawin 8 bulan (jantan) dan 7 bulan (betina). Umur mulai fase produksi 6 bulan, lama produksi bertelur 30 bulan. Jarak antara masa bertelur 10─14 hari. Masa rontok bulu antar masa bertelur 6 minggu.

  • Ayam Cemani :

Ayam cemani adalah varian ayam kedu hitam yang berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah. ayam ini sangat unik karena seluruh bagian luar tubuhnya berwarna hitam sempurna.

Jengger berbentuk tunggal (single comb), gelambir, bulu, kulit, paruh, kuku, ceker, lidah dan langit langit mulut,. semuanya berwarna hitam legam. bahkan daging dan tulangnya pun berwarna hitam. kata cemani berasal dari bahasa sansekerta atau Jawa Kuno yang berarti hitam legam.
.
Itulah beberapa Jenis Jenis Ayam Aduan Asli Dari Indonesia yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua,. munking masih ada lagi jenis ayam aduan indonesia yang kamu ketahui, kamu bisa tulis dikolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah artikel ini supaya bisa melengkapi tulisan yang kami berikan ini. terimah kasih dan sampai berjumpa lagi bersama kami kembali disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *